Anything Else, Hardware, Review, Teknologi Informasi

Sejarah Singkat Komputer

October 20, 2014

Sejarah Singkat Komputer – Pada posting kali ini saya ingin membahas tentang perlengkapan kantor yang bagi kebanyakan pekerja kantoran sudah pasti kita gunakan setiap hari, yaitu komputer 🙂

Siapa sih yang ngga kenal atau belum pernah pake komputer jaman sekarang?

Pengertian komputer itu sendiri adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat, dirancang untuk menerima data masukan (input), memprosesnya dan menghasilkan keluaran (output). Saat ini penggunaan komputer tidak lepas dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya digunakan untuk meringankan pekerjaan saja, tetapi banyak juga digunakan sebagai hiburan. Penggunanya pun saat ini bukan hanya oleh orang kantoran ataupun mahasiswa, anak-anak pun saat ini sudah terbiasa dengan penggunaan komputer. Saat ini sepertinya untuk dapat menggunakan komputer ‘wajib’ hukumnya, apalagi untuk pekerja kantoran.

Berikut adalah sejarah komputer dari generasi ke generasi :

Komputer Pertama Apple, Berumur 35 Tahun

  • Generasi pertama :

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.

 

  • Generasi kedua :

Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

 

  • Generasi ketiga :

Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.

Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.

 

  • Generasi keempat :

Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang ini.

 

Credit : ilmupengetahuan.org

12 Comments

  • Reply haris February 25, 2015 at 13:42

    kunjungan gan wah keren ya ada generasinya makasih informasihnya koment back ya
    http://apasajaberita.blogspot.com/2015/02/download-video-transformers-4.html#sthash.L2TVCgS7.dpbs

    • Reply dieq41 June 23, 2015 at 23:40

      sudah di komen balik yaah.. thanks.. 🙂

  • Reply jalanja March 16, 2015 at 09:45

    Saya ingat dulu waktu masih pake PC yang masih pake disket DOS, WS atau Lotus untuk membuat tugas kuliah, saat itu sepertinya udah canggih banget.

    • Reply dieq41 March 16, 2015 at 13:36

      waah saya juga ngalamin itu saat masih sekolah 🙂

  • Reply #walidin.net June 8, 2015 at 06:08

    Sebelum ada windows saya juga pernah belajar dos, lotus, dan dbase III plus. Pada waktu itu tidak semudah sekarang, semua perintah yang dijalankan berbasis teks termasuk dalam pembuatan tabel. Sangat menyita waktu dalam menghafal perintah perintahnya. Windows mengubah segalanya jadi mudah sampai sekarang. Begitu juga linux user guinya semakin familiar digunakan.

    • Reply dieq41 June 12, 2015 at 16:03

      seiring berjalannya waktu 😀

  • Reply Icah Banjarmasin June 21, 2015 at 16:26

    Terima kasih atas sharenya bang..

    • Reply dieq41 June 22, 2015 at 11:27

      sama-sama… 🙂

  • Reply zenzen June 22, 2015 at 11:32

    kenangan waktu masih menggunakan DOS, mau ngetik surat pake disket WS, mau ngetik Tabel pake disket Lotus, mau bikin program pake disket DBase IV, ga kepikir semudah ini sekarang ….

    • Reply dieq41 June 23, 2015 at 23:38

      yaa, saya juga pernah merasakannya itu jaman masih SMP.. 🙂

  • Reply serena June 23, 2015 at 20:35

    sangat runtun dan gamblang penjelasannya, terima kasih ya jd nambah pengetahuan tentang sejarah komputer 🙂

    • Reply dieq41 June 23, 2015 at 23:30

      terima kasih juga sudah mampir & memberikan komentar.. 🙂

    Leave a Reply


    *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.